ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

HUT MPP I dan Launching Kantor Dukcapil Pekanbaru, Ini Pesan Menteri Tjahjo Kumolo.

Pekanbaru, rambaberita.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau genap ber- usia satu tahun hari ini. Rabu (11/03/2020). HUT I ini  sekaligus diresmikannya perluasan area pelayanan, yakni gedung khusus untuk pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Di samping Gedung MPP ( Bekas Kantor Bappeda Pekanbaru,red)  jalan Sudirman. 

Saat Menteri Tjahjo Kumolo memberikan potongan Tumpeng Kepada Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus ST. MT di Hari Ulang Tahun Mal Pelayanan Publik Rabu, ( 11/03/2020). // foto Edward

Peresmian itu dilakukan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo, Rabu (11/03/2020) Siang.

HUT I  MPP dihadiri langsung  Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara ( MenPAN RB) Thatjo  Kumolo, Menteri Dalam.Negeri Tito Karnavian diwakili Dirjen Disdukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH. Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Walikota/ Wakil Walikota Pekanbaru, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Riau, Kopolresta Pekanbaru, Setdako Pekanbaru, Para Kadis Dukcapil Kabupaten Kota, dan Pejabat Teras Pemko Pekanbaru.


Walikota Pekanbaru pada sambutannya menerangkan, Perkembangan MPP Kota Pekanbaru juga terlihat dari jumlah layanan. Pada tahun 2019, jumlah layanan di MPP Pekanbaru ada 185 layanan dengan 27 tenant. Meningkat pada awal 2020, yakni 191 layanan dengan 33 tenant.

Rata-rata, MPP Kota Pekanbaru bisa melayani 1.500 layanan per hari. Target tahun depan, adalah 2.500 layanan per hari. Langkah yang ditempuh Pemko Pekanbaru untuk mewujudkan target tersebut adalah dengan melakukan inovasi sistem dan aplikasi.ucapnya.

Selain itu, seluruh SDM yang memberi pelayanan di MPP, juga terus ditingkatkan kemampuannya. “Anak-anak kami, kami uji coba untuk melakukan perubahan dalam pelayanan,” pungkas Firdaus.

Untuk diketahui, Kata Firdaus  khusus untuk Disdukcapil, terdapat 22 jenis layanan. Sebelum bergabung dengan MPP, rata-rata ada 300 kunjungan per hari di Disdukcapil. Sedangkan setelah masuk ke dalam MPP, meningkat menjadi 1317 kunjungan per hari.

“Merayakan satu tahun MPP Kota Pekanbaru adalah tidak semata untuk penyederhanaan birokrasi tetapi percepatan pengambilan keputusan, dan Layanan yang Prima ” ujar Menteri Tjahjo.

Menteri Tjahjo mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang berhasil dalam perluasan area pusat pelayanan modern tersebut. MPP Kota Pekanbaru diharapkan bisa selalu berkembang dan beradaptasi untuk menjawab tantangan, sehingga bisa menciptakan birokrasi berkelas dunia.

” Adanya MPP diharapkan dapat meningkatkan ekonomi daerah. Ease of Doing Business atau kemudahan berusaha, tentu meningkat setelah adanya MPP.” Ucap Menteri PANRB.

MenPANRB berpesan ”  peran penting Masyarakat dalam percepatan Pelayanan, tentu dengan tidak 

Mengacak acak pancasila.Kita,  kata Thahjo harus setia dengan NKRI. ASN TNI Polri.tokoh agama tokoh masyarakat sangat berperan” Tegasnya 

Untuk itu, kata Menteri, ”  Angka korupsi ASN harus ditiadakan, anggaran harus Transparan.fee proyek jangan ada lagi, karena  melawan Narkoba, Radikalisme, dan Korupsi. Pemda harus bersinergi.”. Sebutnya.

Masih dikatakannya, ” terkait virus corona agar masyarakat menjaga kesehatan. Percaya bahwa Pemerintahan Presiden Jokowi  sudah mempersiapkan cara dan antisipasi melawan Virus mulai dari desember 2019.untuk itu peran media jangan memberitakan ” katanya”, namun harus dengan bukti yang valid supaya jangan menjadi Polemik di masyarakat.

MPP yang kini sedang marak dibangun oleh pemerintah daerah, memiliki sistem data yang terintegrasi serta memanfaatkan teknologi. Dengan teknologi, pelayanan akan lebih cepat, transparan, dan mereduksi adanya praktik pungutan liar. “Adanya MPP yang terbuka untuk menekan angka korupsi,” tegasnya.

Tidak lupa MenPANRB dari Partai PDIP ini memberi Selamat dan apresiasi kepada Pemko Pekanbaru atas kehadiran MPP yang  melayani dengan berkualitas dan Terpercaya.

Mengakhiri rangkaian acara, Menteri  menandatangani Prasasti diresmikannya Kantor Adminduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, sekaligus Menteri PANRB beserta rombongan melihat langsung Gerai yang ada di Kantor Disdukcapil dan Gedung MPP, di Pandu Walikota Firdaus, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil,Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kota Pekanbaru, Irma Novrita.(edo)

DomaiNesia
DomaiNesia

TERPOPULER

Terbaru

ADVERTISEMENT

Media Network

%d blogger menyukai ini: