ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

KPK Cecar Wabup Buru Selatan soal Penerimaan Suap Eks Bupati Tagop

Pekanbaru, Rambaberita  | KPK telah memeriksa Wakil Bupati Buru Selatan Gerson Eliezer Selsili terkait kasus suap yang menjerat mantan Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa. Gerson dikonfirmasi KPK soal penerimaan sejumlah uang yang diterima Tagop dari para kontraktor atas pekerjaan proyek.
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan keterangan ini juga digali pada 11 saksi lainnya. Mereka diperiksa pada Kamis kemarin (10/3/2022) di Kantor Mako Sat Brimobda Polda Maluku.

“Para saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan berbagai penerimaan sejumlah uang oleh tersangka TSS (Tagop) dari para rekanan kontraktor yang mengerjakan proyek di Pemkab Buru Selatan,” kata Ali kepada wartawan, Jumat (11/3).

11 saksi itu sebagai berikut:

1. Iskandar Walla (Sekretaris Daerah Kab. Buru Selatan)
2. Gamar The (Bendahara BPKAD Kab. Buru Selatan 2010 s/d sekarang)
3. PNS Balai Pelaksanaan Jalan XVI Ambon
4. Rajab Letetuny (Anggota Panitia Pengadaan atau Kelompok Kerja (Pokja) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Buru Selatan Tahun 2012)
5. Asia Amelia Sahubawa (Pegawai Negeri Sipil UKPBJ Provinsi Maluku/Panitia Pengadaan atau Kelompok Kerja (Pokja) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Buru Selatan, untuk periode TA 2015 dan TA 2016)
6. Charles Fransz (Direktur Utama PT Paris Jaya Mandiri)
7. Elsye Rinna Lattu (Direktur Utama PT Mutu Utama Konstruksi)
8. Mahdi Bazargan (Direktur PT Bupolo Kontruksi Grup)
9. Abdul Ajiz Husein (Kontraktor di Kabupaten Buru Selatan)
10. Habib Abdullah Alkatiri (Kontraktor di Kabupaten Buru Selatan)
11. Sandra Loppies (Direktur PT Vidi Citra Kencana dari tahun 2010-sekarang).

Sementara saksi pembantu rumah tangga Tagop, sekaligus kontraktor, Myradiana A Basir, tak memenuhi panggilan KPK dan akan dijadwalkan ulang. Lalu, saksi Kepala Bidang Bina Marga di Dinas PU Buru Selatan tahun 2008-2012, Ajid Kunio, diketahui sudah meninggal dunia.

“Informasi yang kami terima telah meninggal dunia,” katanya.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Tagop Sudarsono Soulisa, sebagai tersangka kasus suap proyek infrastruktur, gratifikasi, serta tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait pengadaan barang dan jasa tahun 2011-2016. Selain itu, dua tersangka swasta, Johny Rynhard Kasman dan Ivana Kwelju juga ditetapkan sebagai tersangka.

“Setelah dilakukan pengumpulan informasi dan data yang kemudian ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, KPK melakukan penyelidikan dan meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan,” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi persnya di Gedung Merah Putih Jakarta Selatan, Rabu (26/1).

Tagop akan dilakukan penahanan di Rutan Polres Jakarta Timur, dan Johny Rynhard ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat. Penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan hingga 26 Januari 2022.

“Untuk kepentingan proses penyidikan, tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan para Tersangka untuk 20 hari pertama dimulai tanggal 26 Januari 2022 s/d 14 Februari 2022,” kata Lili.

Sementara tersangka Ivana Kwelju baru dilakukan penahanan akhir-akhir ini. Ivana ditahan di Rutan KPK Merah Putih.

Tersangka Ivana Kwelju sebagai pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara tersangka Tagop Sudarsono dan Johny Rynhard disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP dan Pasal 3 dan atau 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.(VH)

***red/News.detik.com

DomaiNesia
DomaiNesia

TERPOPULER

Terbaru

ADVERTISEMENT

Media Network

%d blogger menyukai ini: